Berbusana Muslim dan Muslimah Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Nama                          : YUNITA RIZKI ARDITYA WULANDARI
Kelas                           : X.Mia 1
Mapel                          : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 
Guru Pembimbing  : Rizka Susilawati, S.Pd.I
Alamat Sekolah       : SMAN 1 Kab. Tangerang Tahun Ajaran 2018/2019
Hari Tanggal             : Jumat, 09 November 2018

🔹🔶🔹🔶🔹🔶🔹🔶🔹🔶🔹🔶🔹🔶🔹

Assalamu'alaikum Readers
Apa kabar semua? Semoga semua sehat dalam lindungan Allah. Aamiin. Disini, saya akan mengulas sedikit tentang Berbusana Muslim dan Muslimah Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri. Pasti berbusana muslimah itu berkaitan dengan aurat, dan hijab gitu kaaan? Nah, kalian tahu gak sih makna dari aurat, dan hijab yang sebenarnya? Kalau mau tahu, yuk yuk disimak materinya, InsyaAllah makin banyak baca, makin banyak ilmu💡

Memahami Makna Busana Muslim/Muslimah dan Menutup Aurat

  1. Makna Aurat
       Secara bahasa, aurat berati malu, aib dan buruk. Kata aurat sendiri berasal dari kata awira yang artinya hilang perasaan. Dan menurut istilah, aurat adalah batas minimal dari bagian tubuh yang wajib ditutupi karena perintah Allah Swt. Jadi gengs, aurat itu sesuatu yang tidak baik dipandang, memalukan, dan mengecewakan.

  2. Batasan - Batasan Aurat
      a) Batasan aurat wanita
    Jadiii, ada 4 mahzab yang membahas tentang batasan-batasan aurat wanita. Namun kesimpulannya aurat wanita adalah semua anggota tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
      🔸Nah bagaimana nih kalau telapak kaki, apakah termasuk aurat?? Jawabannya iya, karena sesuai dalil yang mahsyur, aurat wanita seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

      b) Batasan aurat laki laki
     Batasan aurat laki laki adalah antara pusar hingga lutut. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah, Karena diantara pusar sampai lutut adalah aurat”. (HR Ahmad).


  3. Hadis tentang Perintah Menutup Aurat
يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ يَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا        إِلَّا هَذَا وَهَذَا
Artinya :
Wahai Asma ! Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan).[HR. Abu Dawud, no. 4104 dan al-Baihaqi, no. 3218. Hadist ini di shahihkan oleh syaikh al-Albani rahimahullah]

  4.  Makna Jilbab dan Busana Muslimah
       Jilbab dan busana muslimah, tentu bukan hal yang biasa lagi ya di telinga kita. Tapi readers, apa sih makna yang sebenarnya dari jilbab dan busana muslimah?
  • Jilbab atau yang dalam bahasa arab disebut khimar adalah sebuah pakaian yang longgar untuk menutup seluruh tubuh perempuan kecuali muka dan telapak tangan.
  • Busana muslimah adalah pakaian untuk wanita islam yang dapat menutup aurat, yang gunanya untuk menjaga kebaikan wanita itu sendiri.

  5.  Etika Berbusana Muslimah Menurut Islam
 
   Readers, untuk dikatakan berbusana muslimah itu ada beberapa syarat lho, syaratnya sebagai berikut : 
✔ Memakai pakaian dengan jenis dan model yang telah ditetapkan oleh syara' (memakai jilbab dan khimar).
  • Perintah menutup aurat (memakai jilbab) disebutkan dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 59
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Artinya :
"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab : 59) 
  • Perintah menutup aurat (memakai khimar) disebutkan pula pada Q.S An-Nur ayat 31
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Artinya :
Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. [Q.S. An-Nur ayat 31]

✔   Tidak tembus pandang
       Seorang wanita juga sangat dilarang memakai pakaian yang tembus pandang sehingga memperlihatkan anggota tubuh dibalik pakaiannya.

✔   Tidak menyerupai laki laki
       Hal ini dapat dibuktikan dalam suatu hadis. Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata :
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Al-Bukhari no. 5885, 6834)

Tidak ber tabarruj
Apa yaa guys makna dari tabarruj itu? Pada tau gak nih?? Kalau belum tau, nih aku kasih tau...
Menurut Az Zajjaj, Tabarruj adalah menampakkan bagian yang indah (aurat) dan segala yang mengundang syahwat lelaki (non mahram).”
  Allah melarang perilaku ber tabarruj, sebagaimana dalam Q.S Al-Ahzab ayat 33. Berikut ayatnya readers...

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

Artinya :
33. dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. [Q.S. Al-Ahzab ayat 33].

Hukuman Bagi Orang Yang Tidak Menutup Aurat
     Readers yang dirahmati Allah, pasti kalau manusia yang melanggar perintah itu dapat hukuman kan? Nah kira-kira apa ya hukuman yang diterima bagi orang yang tidak menutup aurat?
Berikut hukuman bagi yang tidak menutup aurat :
 a)  Kepala seperti unta berpunuk dua
 b)  Digantung sampai ke ubun-ubun
 c)   Digantung dengan rantai api neraka
 d)  Amalan terhapus
 e)  Tidak diterima amal shalatnya
 f)  Penghuni neraka yang kekal
       Pedih banget kan gengs hukumannya. Masih mau mengumbar aurat? Gak liat tuh hukuman yang terakhir? Jadi penghuni neraka yang kekal, sehari di neraka aja itu sakit banget, apalagi jadi penduduk tetap nya? Naudzubillahimin dzalik...

  Readers yang dirahmati Allah, setelah membaca materi diatas, kalian jadi paham kan makna dari aurat dan busana muslimah, batas aurat, dalil-dalil yang berisi perintah menutup aurat dan hukuman bagi yang masih mengumbar aurat?

     Yuk deh kita jadi muslim dan muslimah yang baik, yang selalu mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Gaada kata terlambat kok untuk berubah untuk menjadi yang lebih baik.

 “Matahari tidak kehilangan keindahannya ketika tertutup oleh awan. Sama dengan kecantikanmu tidak akan pudar ketika kamu menutupinya dengan hijab.” 
– Angelina Jolie 

Sekian dari saya,
Mohon maaf apabila ada salah pengetikan karena saya hanyalah manusia dan masih pemula. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin...

Wasalamu'alaikum Wr. Wb




يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ يَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا

Read more https://almanhaj.or.id/4114-kewajiban-menutup-aurat-dan-batasannya.html
يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ يَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا

Read more https://almanhaj.or.id/4114-kewajiban-menutup-aurat-dan-batasannya.html
يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ يَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا

Read more https://almanhaj.or.id/4114-kewajiban-menutup-aurat-dan-batasannya.html

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Surah Al-Ahzab Ayat 59 dan Kandungannya